8 Fakta yang mungkin programmer tidak tau

c5df139c1918241c8ffe72a7e0f81307_a-programmerSeorang programmer tahu lebih dalam dan jelas soal komputer dan coding – coding yang mungkin beberapa di antaranya sungguh mereka tidak tau.

Fakta 1

Hal – hal yang lucu tentang coding adalah, website mungkin saja sangat bagus penampilannya, sistem yang dibuat mungkin selancar air terjun, namun dibalik tampilan yang terlihat, ada banyak errors yang terjadi dan tidak ada alasan yang jelas sebab penyebab terjadi kesalahan teknis tersebut.

Fakta 2

“That about 25% of the hours spent writing an application are spent figuring out ways the end user will do something wrong.” – Brian Humes

25% waktu coding kita (mungkin lebih mungkin lebih cepat) adalah menebak apa yang akan user lakukan dengan program dan sistem yang kita buat. Programmer selalu menebak apa yang akan user lakukan kalau dia menekan ini, input itu, apa yang akan dia lihat, dan apa yang user rasakan.

Fakta 3

“A programmer is not a PC repair man.” –  Ritesh Kumar Gupta

Seorang programmer berhadapan dengan algoritma dan prinsip mendesign sebuah sistem, bukan tukang reparasi komputer. Kita mungkin saja tahu prinsip jalannya hardware komputer, tapi bukan bearti kita tahu bagaimana untuk memperbaiki hardware. Dan juga bukan bearti kita tahu apa yang terjadi dengan Google Chrome kamu yang selalu Crash setiap kali kamu membukanya, dan kenapa laptop kamu selalu overheating dan baterai yang cepat habis. Programmer, adalah orang yang membuat program komputer, bukan tukang reparasi komputer.

Fakta 4

“Programming is thinking, not typing.” – Casey Patton

Banyak programmer yang menghabiskan waktunya untuk tidur, jalan – jalan, lihat keluar jendela, atau melakukan sesuatu yang lain yang membantumu untuk rileks dan berpikir. Rileks adalah kunci utama seorang programmer untuk menulis program, bukan duduk diam di depan komputer mengetik ratusan kode. Kita hanya perlu duduk, jalan – jalan, dan hanya berpikir. Kita harus berpikir bagaimana menjalankan konsep sistem kita, memperbaikinya, cari jalan keluar, dan bagaimana code ini berjalan. Rileks adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah dalam pemogramman.

Fakta 5

Counting starts from zero, not one.

Ini sangat penting bagi semua programmer. Menghitung suatu algoritma itu dimulai dari “0”. “1” bagimu adalah “0” bagi programmer, “10” bagimu dan “9” bagi programmer. Alasan mengapa harus begini adalah programming membuatkan efisiensi, dan perubahan 1 angka saja dapat memberikan efek yang sangat besar dalam efisiensi suatu pemogramman.

Fakta 6

“Programming is best done “in the zone” – a (pleasant) state of mind where your focus on the task is absolute and everything seems easy. This is probably much like “the zone” for musicians and athletes.” – Morgan Johansson

Pernahkah kamu bertanya kenapa programmer dikenal sebagai “Burung Malam”? Mengapa kita selalu bergadang? Karena itu membuat kita masuk ke dalam zona nyaman kita, masuk ke dalam zona di mana kita bisa fokus dalam 1 hal dan tidak perlu khawatir diganggu orang lain – karena mereka semua sudah tertidur pulas. Itu adalah waktu yang panjang dimana tidak ada orang yang bangun dan menelepon atau berbicara dengan kita. Itu adalah waktu terbaik untuk menulis program dan berpikir.

Fakta 7

Sleeping with a problem, can actually solve it.

Kalau kamu menemukan masalah dalam program yang kamu buat, tidurlah dengan permasalahanmu. Banyak programmer menyelesaikan permasalahnnya berjam – jam tanpa ada hasil yang jelas dan ketika dia tidur 20 menit, 1 jam, 2 jam, atau seharian, sering terjadi adalah dia akan bangun dengan jawaban bagaimana menyelesaikan permasalahan programnya.

Fakta 8

A parent may kill its children if the task assigned to them is no longer needed

Tidak seperti yang kita pikirkan, program adalah makhluk berdarah dingin. Kalau orangtuanya (Parent) tidak membutuhkan anaknya lagi (bilang saja sistem pengiriman email), maka parent nya akan membunuh koneksi server anaknya karena sedang tidak digunakan.

Fakta – fakta mungkin mungkin hanya dimengerti oleh teman – teman programmer. Banyak dunia programmer yang susah dimengerti oleh “bangsa luar” karena, dunia program berhubungan dengan code, logika, dan cara berpikir seseorang.

Share ke teman – teman programmermu apakah mereka merasakan hal – hal di atas juga?

sumber: http://syukurzay.student.telkomuniversity.ac.id/2015/03/13/8-fakta-yang-mungkin-programmer-tidak-tau/

One Comment:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *